Kapolres Kudus Tutup Daiklat Satpam Gada Pratama

Polreskudus.com, Kudus – Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma menegaskan, personel Satuan Pengamanan (Satpam), harus memahami tugas, pokok dan fungsi (Tupoksi)-nya secara profesional. Penegasannya ini, disampaikan saat menutup Diklat Satpam Gada Pratama Gelombang II Tahun 2021, Selasa (6/4).

Kegiatan yang dilaksanakan selama 14 hari ini ditutup dengan pelaksanaan upacara dipimpin langsung oleh Kapolres Kudus AKBP Aditya surya Dharma dengan jumlah peserta Didik Satuan Pengamanan (Satpam) Gada Pratama berjumlah 97orang di lapangan SOS PG. Rendeng Kudus.

Kepada para peserta Diklat, Kapolres Kudus. berharap, semoga ilmu yang didapat dari Diklat, baik itu teori maupun praktik, dapat bermanfaat dalam mendukung pelaksanaan tugas selaku pengemban fungsi kepolisian secara terbatas. Yakni dalam ikut serta mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif serta dapat menjadikan pedoman dalam mengambil tindakan Preventif dilingkungan kerjanya.

“Satpam merupakan kepanjang tangan dari Kepolisian dibidang Kamtibmas, sehingga dapat memberikan rasa aman dilingkungan kerja” ucap AKBP Aditya.

Diklat Satpam Gada Pratama Gelombang II Tahun 2021 ini, merupakan kualifikasi kepolisian terbatas tingkat dasar, yang diperuntukkan bagi pembentukan pertama anggota Satpam. Setiap anggota Satpam, minimal harus memiliki kualitas tersebut.

”Oleh sebab itu, saya selaku Kapolres Kudus mengucapkan terima kasih atas dedikasi, semangat para peserta yang selalu menerapkan protokol kesehatan selama mengikuti diklat,” ujar Kapolres.

Berkaitan masih adanya anggota Satpam di Wilayah Kudus yang belum memiliki kualifikasi Gada Pratama, maka unit Kamsa Satbinmas Polres Kudus selaku fungsi pengawasan secara berkala akan melaksanakan supervisi dan sertifikasi pada instansi/perusahaan pengguna Satpam.

Tujuannya, untuk pendataan dan juga pengawasan араkаh keberadaan anggota Satpam tersebut telah memenuhi standar kualifikasi pendidikan minimal Gada Pratama. Juga bertujuan apakah penggunaan atribut Satpam, telah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *