Pemantapan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan Untuk Mencegah Konflik Sosial dan Disintegrasi Bangsa

cara pandang Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah meliputi darat, laut dan udara termasuk dibawah dan diatasnya sebagai satu kesatuan didalam bingkai NKRI dengan Pancasilanya merupakan sebuah paham dan doktrin kebangsaan yang harus dipahami secara menyeluruh demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Disintegrasi bangsa selalui diawali dengan konflik sosial dan konflik terjadi karena paham yang salah dan salah paham yang kemudian diikuti kebencian di hati mensikapi keduanya

NKRI adalah tali yang paling kuat dan Pancasila adalah cara mengikat  yang paling tepat karena tidak bertentangan dengan hukum agama dan hukum negara sehingga telah terbukti mampu menyatukan banyaknya perbedaan yang ada. Berbagai rongrongan dengan maksud mengganti tali dan cara mengikat kebhinekaan terjawab dengan kesaktian NKRI dan Pancasilanya.

kita bisa melihat negara arab yang berada dalam satu daratan dan satu bahasa saat ini telah pecah menjadi dua puluh dua negara, sedangkan kita yang terdiri atas 17.000-an pulau, 1.300-an suku bangsa dan 1.200-an bahasa mampu bertahan dalam bingkai NKRI dengan Pancasilanya. NKRI dan Pancasila telah mampu mewujudkan maqosyid syariah sebagai mana dimaksud Imam Asy Syatibi yaitu menjaga agama, kehidupan, keturunan, aqal dan harta.

Netralisir konflik dengan menjauhi paham yang salah dan salah paham dalam mensikapinya terlebih karena kebencian di masing-masing hati kita.  Kedamaian tercipta bukan karena pelucutan senjata tapi lebih penting karena pelucutan kebencian di hati setiap manusia., kedamaian tercipta bukan karena agama tapi karena budaya,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *