PERBEDAAN PRESS RELEASE DAN KONFERENSI PRESS

PERBEDAAN PRESS RELEASE DAN KONFERENSI PRESS

Didunia pemberitaan ada kalanya sebuah instansi mengeluarkan pernyataan resmi dengan mengundang awak media agar apa yang di sampaikan bisa dilihat atau dibaca oleh masyarakat luas.

Pernyataan resmi tersebut kadang-kadang membuat kita bingung akan ketidak tahuan kita tentang istilah Pers release dan Konferensi Pers. Maka dari itu disini penulis akan membeberkan perbedaan antara keduanya.

Press Release/Siaran pers

Pengertian

Informasi dalam bentuk berita yang umumnya dibuat oleh Humas dari suatu Instansi, Organisasi ataupun Perusahaan yang disampaikan kepada redaksi pers media untuk dipublikasikan. Press release pada dasarnya merupakan dokumen tertulis yang disiapkan untuk media yang juga disebut pers, di mana dokumen tersebut mengumumkan sesuatu yang layak diberitakan.

Tujuan

Tujuan utama dari siaran pers adalah untuk mendapatkan perhatian, membuat berita dan menghasilkan publisitas. adapun untuk hal yang paling penting,press release ini adalah cara yang efektif untuk menciptakan minat seputar berita dengan cara yang faktual dan efisien.

press release berfungsi untuk secara akurat mewakili dan mempromosikan berita yang signifikan, tentunya dengan konten yang mudah dan menarik

Konferensi Press/ Press Conference

Pengertian

Press Conference merupakan suatu acara yang diselenggarakan oleh sebuah intitusi , perusahaan, organisasi atau individu untuk memberikan informasi kepada media. Salah satu untus penting dalam konferensi press harus hadirnya awak media yang akan meliput seluruh rangkaian kegiatan tersebut dan nantinya akan disebar luaskan kepada masyarakat umum.

Tujuan

Adapun tujuan diadakan Press Conference untuk memberikan informasi resmi yang diliput media. Tentu saja informasi yang disebar luaskan melalui sumber media yang terpercaya dan membuat masyarakat lebih yakin terhadap keaslian pernyataan atau informasi yang dikeluarkan oleh organisasi, Intansi atau individu tersebut.

Perbedaan Press Release dengan Konferensi Press

Press release merujuk pada informasi dalam bentuk berita yang umumnya dibuat oleh Humas sebuah Instansi atau perusahaan yang disampaikan kepada redaksi pers media massa untuk dipublikasikan

Konfrensi press mengacu pada kegiatan acara untuk memberikan informasi terkait peristiwa, isu tertentu, atau hal-hal lain dengan mengundang media untuk disebar luaskan kepada public.

Inti perbedaan antara press release dengan Konferensi pers yaitu pada informasinya, Kalau press release dalam bentuk tulisan yang dibuat oleh Humas sedangkan press conference lebih pada kegiatan acara dalam menyampaikan suatu informasi tertentu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *