Hujan Deras Sore Kemarin, Mengakibatkan Tanah Longsor Di Desa Rahtawu Kudus

Kudus – Hujan deras di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengakibatkan tanah longsor, Senin (24/10/2022) sore kemarin.

Longsor sempat menutup jalan utama di desa tersebut. Anggota Polsek Gebog bersama personel Koramil Gebog hingga relawan desa tanggap bencana (Destana) Desa Rahtawu, langsung bahu membahu membersihkan material longsor.

Tak hanya mereka, relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, anggota Trantib kecamatan, hingga masyatakat setempat juga turut serta dalam melakukan evakuasi bencana tanah longsor itu.

Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama melalui Kapolsek Gebog Iptu Danail Arifin menjelaskan, longsor pada tebing sepanjang enam meter dan ketinggian sekitar 10 meter itu, terjadi pada pukul 03.00 WIB. Keesokan harinya kerja bakti untuk membersihkan material longsoran tanah yang menutup akses jalan itu membutuhkan waktu sekitar tujuh jam.

“Mulai pukul 07.00 WIB mulai dilakukan kerja bakti. Pukul 14.00 WIB pelaksanaan kerja bakti pembersihan sisa-sisa material longsor yang menutupi akses jalan utama selesai dilaksanakan,” jelas Iptu Danail Arifin.

Ia menambahkan, longsor tersebut diketahui setelah ada warga yang mendengar gemuruh suara reruntuhan tanah dari arah utara. Setelah didatangi, didapati tanah longsor yang menutup akses jalan utama tersebut, dan awalnya hanya sepeda motor yang bisa melintas.

”Kemudian diberitahukan kepada satgas bencana Rahtawu, dan memberitahukannya ke BPBD dan aparat setempat. Lalu supaya cepat tertangani, kami lakukan gotong royong untuk pembersihan itu,” imbuhnya.

Longsor tersebut diduga terjadi lantaran intensitas hujan tinggi yang terjadi selama beberapa hari. Selain itu, kontur tanah yang labil. ”Tidak ada kerugian materil atau korban jiwa akibat tanah longsor itu,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *