Pemkab Kudus Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana, Pagi Tadi

Kudus – Guna meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di tengah curah hujan yang tinggi, Pemkab Kudus melaksanakan Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana tahun 2022 di Alun- alun simpang 7 Kudus, Senin, (24/10/2022).

Bupati Kudus H.M. Hartopo mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama dan meningkatkan kapasitas daerah dalam mempersiapkan sarana prasarana dan logistik, sehingga Kudus lebih siap menghadapi potensi bencana alam.

“Potensi bencana alam di Kabupaten Kudus yakni bencana banjir, tanah longsor dan angin puting beliung,” kata Bupati Kudus H.M. Hartopo saat memimpin apel siaga bencana tahun 2022.

Apalagi, katanya, Kudus juga pernah mengalami hujan es sehingga perlu diantisipasi semua pihak dengan melakukan mitigasi bencana.

“Kami berharap semua pemangku kepentingan ikut bergabung, termasuk para relawan serta perlengkapannya, sehingga pada saat ada kejadian bencana dapat diminimalkan dampaknya,” tambahnya.

Dalam waktu yang sama, Kapolres Kudus AKBP Wiraga Dimas Tama menambahkan, kegiatan Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana ini dimaksudkan untuk, kesiapan kita, sinergitas kita dan mengecek kesiapan personil dan peralatan dalam menanggulangi terjadinya bencana baik saat terjadinya bencana maupun paska bencana.

“Kami juga meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, karena penanggulangan bencana alam bukan hanya tugas pemerintah daerah, TNI, Polri maupun instansi terkait semata, melainkan tugas semua pihak,” pesan Kapolres Kudus.

BPBD Kudus sendiri sudah menyiapkan peralatan pendukung lainnya untuk antisipasi bencana, mulai dari dapur umum, perahu karet, jaket pelampung, tenda pleton dan regu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *