Tutup Diklat Gada Pratama, Ini Pesan Wakapolres Kudus

Kudus – Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma, S.I.K., memalui Wakapolres Kudus Kompol Eko Rubiyanto, S.I.K., M.H. secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Dasar Satpam Gada Pratama tingkat Polda Jawa Tengah gelombang 4 tahun 2021 di lapangan SOS PG. Rendeng Kudus.

Pelatihan dasar Satpam Gada Pratama gelombang 4 diikuti oleh 120 orang peserta yang terdiri dari 94 laki-laki dan 26 wanita.orang dari Satpam yang telah bekerja dan belum pernah menjalani pelatihan.

Kegiatan pelatihan dasar satpam ini dibawah bimbingan dan pengasuhan dari para instruktur baik Perwira dan Brigadir personel Polres Kudus maupun instruktur yang sengaja didatangkan dari luar sesuai dengan materi bidang kemampuan yang diajarkan.

Wakapolres Kudus Kompol Eko Rubiyanto selaku Inspektur upacara pada penutupan pelatihan dasar satpam mengatakan sesuai UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, dalam pasal 3 ayat 1 disebutkan bahwa pengemban tugas kepolisian adalah Polri dengan dibantu diantaranya bentuk-bentuk pengamanan swakarsa, seperti halnya Satpam. Dari sini sudah jelas bahwa secara hukum keberadaan Satpam adalah syah dalam mengembang tugas kepolisian terbatas.

Masih menurut Wakapolres, pemberdayaan Satpam yang dilakukan oleh instansi pengguna satpam, tujuannya adalah guna menciptakan situasi yang aman. Oleh karenanya setiap personel satpam harus benar-benar mengetahui akan tugas, fungsi dan peranya sabagai satuan pengamanan.

‚ÄúTidak terkesan hanya sebagai penjaga tetapi satpam juga dituntut mampu memberikan pelayanan yang baik kepada setiap orang yang datang di tempat tugasnya. Untuk itu Polri akan memberikan pembinaan dan pemantauan terhadap pelaksanaan tugas dilapangan secara berkala,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Wakapolres juga berpesan kepada para peserta usai kegiatan pelatihan hari ini selesai, tumbuh kembangkan terus disiplin dan pengetahuan kalian dimanapun anda bekerja, selanjutnya karena anda mengikuti pelatihan dimasa pandemi Covid-19 untuk itu diharapkan para peserta sekalian nantinya bisa menjadi pelopor dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona baik dilingkungan kerja maupun ditengah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *