Kapolri Siapkan Manajemen Kontijensi Tekan Covid-19 di Wilayah Kudus

Polreskudus.com, Kudus – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto turun langsung dalam penanganan lonjakan virus Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Dalam penanganan lonjakan virus Covid-19 di Kudus, menurut Kapolri, setidaknya sudah disiapkan beberapa manajemen kontinjesi untuk menekan dan mencegah penyebaran virus Covid-19 diwilayah Kudus.

Salah satu manajemen kontinjensi adalah dengan menguatkan test Swab RT-PCR dan edukasi soal 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) serta 3T (testing, tracing dan treatment. Masyarakat yang hasil Swab Antigennya reaktif maka akan langsung dilakukan test RT-PCR.

Selain itu, Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan, masyarakat yang positif virus corona melalui RT-PCR melakukan isolasi mandiri di rumah bakal langsung dipindahkan ke tempat rujukan yang telah disiapkan.

“Evakuasi yang saat ini melaksanakan isolasi mandiri di rumah digeser ke Asrama Haji Donohudan sebagai rujukan isolasi mandiri pusat di Jateng dengan alokasi 800 tempat tidur, dilengkapi tenaga kesehatan dan penjagaan ketat dari TNI-Polri,” ucap Kapolri.

Sementara itu, Kapolres Kudus AKBP Aditya yang turun langsung memantau dilokasi pemberangkatan warga positif virus Covid-19 ke Asrama Haji Donohudan, Minggu (6/6) malam menjelaskan, kegiatan ini sesuai arahan Kapolri dalam manajemen kontinjesi untuk menekan dan mencegah penyebaran virus Covid-19 diwilayah Kudus.

“Untuk warga positif Covid-19 yang melaksanakan isolasi mandiri, Tim PPKM Mikro akan dibantu BKO TNI dan Brimob untuk penjemputannya,” kata AKBP Aditya Surya Dharma.

“Malam ini (Minggu, 6/6/2021) kita berangkatan 69 orang dengan menggunakan 5 KBM bus ke Asrama Haji Donohudan,” imbuhnya.

Jika ada yang menolak, menurut Kapolres Kudus, tentunya akan diberikan pengertian bahwa fasilitas disana (Asrama Haji Donohudan) jauh lebih lengkap dan memadahi dibanding tempat isolasi di Kudus.

“Disana tersedia Dokter, perawat, keamanan serta makan dan minumannya juga dijamin, termasuk asupan vitaminnya. Harapannya, saudara kita yang melaksanakan isolasi bisa pulih lebih cepat karena ketika isolasi dirumah dimungkinkan kurang disiplin,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *